29 September 2017 - 22:41:31 WIB | Dilihat 98 kali0 komentar

Bantuan Bibit Sapi Batal, Peternak Gigit Jari

Gambar Bantuan Bibit Sapi Batal, Peternak Gigit Jari
PALANGKA RAYA - Pembatalan program bantuan bibit anak sapi gama yang direncanakan pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Peternakan Provinsi Kalteng tampaknya berimbas besar bagi para peternak.

Pasalnya, waktu program itu masih bergulir pada tahun 2016, peternak sapi telah terlanjur mempersiapkan kandang ternak serta kebutuhan lainnya dengan biaya yang tidak sedikit.

Hal ini lah yang disampaikan oleh anggota Komisi B DPRD Kalteng, Syahrudin Durasid kepada KPFM pada saat dia melakukan reses perorangan di Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan Provinsi Kalteng, Rabu (27/9) pagi.

Lebih lanjut Syahrudin mengatakan, pada tahun 2016, masyarakat yang sebagian besarnya memiliki usaha peternakan sapi, mereka waktu itu mengajukan proposal permohonan bantuan bibit anak sapi gama dan telah disetujui oleh pemerintah provinsi.
 
"Namun, tiba-tiba pada saat itu dilakukan rasionalisasi anggaran oleh pemerintah, sehingga menyebabkan program tersebut akhirnya dihentikan, yang berakibat pada pemberian bantuan kepada peternak sapi, yang telah disetujui akhirnya dibatalkan sepihak oleh pemerintah," kata dia.

Sambung Syahrudin, masyarakat  menyampaikan kepada saya, bahwa untuk membangun kandang ternak tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan sebagian masyarakat mengeluhkan bahwa mereka ada yang sampai berutang hanya untuk mendirikan kandang ternak sapi yang dijanjikan.

"Adanya pembatalan tersebut, menyebabkan para peternak menjadi  kebingungan dan bahkan ada yang sampai menjual harta bendanya, demi melunasi utang mereka," ujarnya.

Tambah Syahrudin, mengingat hal itu adalah aspirasi yang disampaikan masyarakat kepada dirinya, maka dia berkewajiban untuk menyuarakan kembali aspirasi dan keluhan masyarakat tersebut kepada pemerintah.

"Karena, mengingat betapa besarnya harapan dan keinginan masyarakat untuk mendapatkan bibit anak sapi sesuai janji pemerintah sebelumnya," tutupnya. (dhy/rul/Kpfm)
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "Bantuan Bibit Sapi Batal, Peternak Gigit Jari"

(harus diisi)