8 November 2017 - 02:50:00 WIB | Dilihat 57 kali0 komentar

Kepentingan Perusahaan dan Investor Tertuang Dalam Perda ?

Gambar Kepentingan Perusahaan dan Investor Tertuang Dalam Perda ?
Ketua komisi D DPRD Kalteng Ir Artaban MH
Artaban Mencontohkan Terkait Pembangunan Jalan Menguntungkan Pemilik Modal.
 
PALANGKA RAYA - Legislator DPRD Kalteng, Artaban. Ia mengingatkan, pemerintah kabupaten kota dan provinsi, agar dalam pembangunan infrastruktur jalan lebih condong  memperhatikan sisi investasi perusahaan besar swasta. Disatu sisi pertimbangan  atas kebutuhan dan peningkatan perekonomian masyarakat Kalteng kerap piker-pikir.
 
Maksud Ketua komisi D DPRD Kalteng  yang membidangi masalah fisik dan prasarana ini.  bahwa pembangunan infrastruktur jalan hendaknya juga memperhatikan kegiatan perekonomian masyarakat setempat. Tidak hanya sebatas mengakomodir kepentingan investor, seperti perusahaan perkebunan kelapa sawit.
 
Dimana akses jalan yang dibangun pemerintah lebih menguntungkan perusahaan sawit untuk pengangkutan hasil dari produksi perkebunan kelapa sawit atau CPO. Hal ini dinilai bermakna negative yakni memperlancar dan memudahkan pemilik perusahaan itu  pengurasan hasil sumber daya alam (SDA) Kalteng.
 
"Perda provinsi yang mengatur tentang pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan perusahaan besar swasta (PBS) dibuat, terkesan hanya ditujukan bagi kepentingan perusahaan dan kepentingan investor. Akana tetapi kepentingan masyarakat tidak terakomodir kedalam perda provinsi tersebut," ujarnya, Senin (6/11) pagi. 
 
Sambungnya, perda terkait jalan angkutan khusus untuk PBS tersebut untuk ditinjau kembali. Menurutnya alangkah baiknya tertuang dalam aturan perda bahwa perusahaan yang  ingin beroperasional diwajibkan membangun jalan sendiri, bukannya justru difasilitasi oleh pemerintah daerah.
 
"Saya ingatkan dalam pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan agar memprioritaskan jalan yang dapat mempermudah pengangkutan bahan-bahan pokok kebutuhan masyarakat sekaligus menunjang pertumbuhan perekonomian masyarakat setempat," tukasnya. (ndy/rul/KPFM)
 
 
Baca Juga :
 
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "Kepentingan Perusahaan dan Investor Tertuang Dalam Perda ?"

(harus diisi)