8 November 2017 - 02:44:13 WIB | Dilihat 127 kali0 komentar

Tiga Tersangka Diduga Cari “Makan” Dari Kejahatan Arisan Online

Gambar Tiga Tersangka Diduga Cari “Makan” Dari Kejahatan Arisan Online
Polisi Gunakan Pasal Ini Untuk Membuktikan Kejahatan Tersangka
 
PALANGKA RAYA – Setelah ditetapkan sebagai tersangka ketiga tersangka pun dibidikkan dengan tiga pasal aduan dalam Kitab Hukum Pidana. Yakni poin-poin pasal terkait penipuan dan penggelapan. Bahkan ada satu pasal yang ikut dibidikan lantaran para tersangka melakukan keajatan itu dan menjadikan sebaga mata pencaharian atau kebiasaaan sehari-hari.
 
Saat press release oleh Direskrimum Polda Kalteng, Kombes Pol Ignatius Agung Prasetyoko melalui Kasubdid III Jatanras, AKBP Dodo di Polda Kalteng pada Selasa (07/11) sore, kepada awak media Dodo menyampaikan bahwa pasal yang dibidikkan adalah 379 KUHP tentang penipuan, Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dan pasal 379 ayat a tentang menjadikan tindak kejahatan sebagai mata pencaharian dan kebiasaan.
 
“Kami menetapkan beberapa pasal kepada tersangka kasus penipuan online berkedok arisan online. Pasal 379 tentang penipuan, pasal 372 tentang penggelapan dan pasal 379 ayat a. Kenapa ada pasal 379 ayat a karena diindikasi para pelaku menjadikan tindak kejahatna ini sebagai mata pencaharian,” jelas Dodo.
 
Sebelumnya Dodo juga menjelaskan bahwa awak media bahwa ada tiga tersangka dalam kasus arisan online ini. Yakni LJ (22), DL (20) dan SY (20). Ketiga tersangka ini saling bekerja sama dan membagi untung dari hasil kejahatanya. Bahkan DL yang diduga bandar arisan online ini memberikan upah kepada SY dan juga LJ setiap berhasil mencari nasabah baru.
 
“LJ merupakan anak buah dari DL. Sementara SY sebagai nasabah DL. Mengetahui ada untung, SY ikut mencari nasabah dan mendapatkan upah dari DL. Dalam kasus yang berjalan sejak Desember 2016 diketahui telah memiliki nasabah sedikitnya 118 dengan nilai materil mencapai dua milyar,” kata Dodo.
 
Oleh karena itu Dodo mengharapkan kepada para nasabah dalam kasus ini untuk segera mendatangi kantor polisi terdekat atau bisa langsung ke Polda Kalteng untuk membuat laporan. Selain itu sebagai saksi dan meringankan tugas penyidik dalam mencari bukti lainnya. (rul/KPFM)
 
Baca Juga :
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "Tiga Tersangka Diduga Cari “Makan” Dari Kejahatan Arisan Online"

(harus diisi)