15 November 2017 - 16:18:14 WIB | Dilihat 48 kali0 komentar

Alokasi Dana Rehab Rumah Veteran Baru Diajukan.

Setelah Sekian Lama Hidup Dalam Gubuk,  Mohon Sedikit Anggaran Untuk Veteran Hidup Susah
 
PALANGKA RAYA – Terhitung sejak 10 Desember 1956, Kalimantan Tengah berdiri berdaulat. Tidak lama kemudian ditentukanlah ibukota yang dinamakan Palangka Raya. Sejarah terbentukanya kota yang pernah dijuluki kota cantik ini merupakan jerih payah para pejuang. Baik pejuang era kemerdekaan dan sesudah kemerdekaan.
 
Tidak dapat dipungkiri, perjuangan yang mengorbankan diri, ada yang tewas saat berperang, namun ada yang masih diberi kesempatan untuk meceritakan sejarah perjuangan kemerdekaan tersebut. Namun nasib para pejuang kemerdekaan tampak memprihatinkan.
Mereka tinggal di rumah tidak layak huni, makan seadanya, jaminan kesehatan tidak memadai. Keberadaan mereka ada disaat momonen serimonial.
 
Namun kini, para veteran akhirnya dapat sedikit bernafas lega, pasalnya pemerintah provinsi (pemprov), melalui Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Kalteng mulain memberikan perhatian. Salah satunya dengan rencana pemberian bantuan reham rumah veteran. Kini tahapan program ini sampai pada pengajuan anggaran pada APBD 2018.
 
Hal ini disampaikan Kepala Dinasnya M Hatta, bahwa usulan perbaikan rumah para pejuang veteran di Kalteng ini, sebagai upaya tindak lanjut, atas keprihatinan dari Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, saat mengumpulkan sejumlah Kepala Dinas provinsi kemarin, pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 72 Tahun.
 
"Usulan atas anggaran ini, merupakan inisiatif kami, untuk kedepannya anggaran pembiayaan perbaikan dan rehab rumah pejuang veteran di Kalteng, dapat juga terakomodir, ke dalam pagu anggaran APBD 2018, melalui instansi kami. Mengingat, instansi yang kami tangani ini, adalah instansi yang membidangi hal itu," ujar M Hatta,  Rabu (15/11) pagi.
 
Sambungnya, bahwa sebelum memberikan bantuan, dalam proses di lapangan akan menurunkan fasilitator yang berfungsi untuk melakukan pendampingan, sekaligus pula melakukan pencatatan kebutuhan akan perbaikan dan rehab rumah, dari masing-masing pejuang veteran yang telah terdata.
 
"Data sementara, jumlah veteran yang telah terdaftar, ada sebanyak 64 veteran dan targetnya, adalah 70 veteran yang rumahnya akan diperbaiki dan direhab. Hal itu sesuai dengan kesanggupan anggaran yang diusulkan ke anggaran APBD Kalteng tahun 2018," ungkapnya, seusai melakukan pertemuan dengan legislator Komisi B DPRD Kalteng.
 
Tambahnya, bantuan perbaikan dan rehab rumah ini sumber dananya berasal dari APBD Kalteng 2018. Dan usulan dana sebesar 1,988 miliar rupiah, dengan asumsi masing-masing veteran akan dibantu sebesar 20 juta rupiah. Kebutuhan, anggaran ini akan didapat dari pencatatan fasilitator pada saat melakukan pendampingan. (dhy/rul/KPFM)
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "Alokasi Dana Rehab Rumah Veteran Baru Diajukan."

(harus diisi)