17 November 2017 - 22:18:44 WIB | Dilihat 370 kali0 komentar

Anggota DPRD Kalteng Jangan Gagal Paham Fungsi Banmus.

Gambar Anggota DPRD Kalteng Jangan Gagal Paham Fungsi Banmus.
Legislator DPRD Kalteng, H Jimin SH
PALANGKA RAYA – Hal ini yang disampaikan legislator DPRD Kalteng, H Jimin SH, bahwa setiap anggota DPRD Kalteng hendaknya jangan sampai gagal paham dalam mengartikan kedudukan, peran dan fungsi Badan Musyawarah (Banmus).
 
"Semuanya, sudah secara jelas diatur dalam tata tertib. Peran dan fungsi Banmus, secara jelas diatur berdasarkan tatib yang telah disepakati bersama, sudah seharusnya setiap anggota DPRD Kalteng dapat mematuhi apa yang telah diatur oleh Bamus," tegas Jimin, Kamis (16/11) pagi.
 
Jimin juga menerangkan bahwa bamus di struktur AKD DPRD Kalteng, memiliki peranan penting. Yakni menentukan dan menetapkan agenda berupa satu tahun sidang, satu masa persidangan, atau sebagian dari suatu masa sidang, perkiraan waktu penyelesaian rancangan peraturan daerah.
 
Lanjutnya, peran banmus memberikan pendapat kepada pemimpin sidang DPRD dalam menentukan garis kebijakan yang menyangkut pelaksanaan tugas dan wewenang. Meminta dan memberikan kesempatan alat kelengkapan DPRD untuk memberikan penjelasan mengenai pelaksanaan tugas dan menetapkan jadwal acara rapat DPRD.
 
Dalam Pasal 63 dan 64 PP No. 16 Tahun 2010, banmus juga merupakan pemberi pertimbangan  dan penetapan jadwal kegiatan acara selama masa reses. Bahkan menurut Pasal 66 ayat (3) PP tersebut, Rapat paripurna DPRD diselenggarakan atas undangan ketua atau wakil ketua DPRD berdasarkan jadwal rapat yang telah ditetapkan oleh banmus.
 
"Mencermati strategisnya posisi Banmus, seperti diuraikan di depan, maka  dapat dikatakan juga bahwa baik buruknya kinerja DPRD Kalteng, tercapai atau tidaknya target waktu penyelesaian dan pengambilan keputusan atas Perda maupun kebijakan-kebijakan lainnya sangat ditentukan oleh Banmus DPRD Kalteng," Jelasnya.
 
Tandasnya, oleh karena itulah, maka setiap anggota DPRD Kalteng, dapat memahami akan kedudukan dan fungsi Banmus. Jangan sampai gagal paham yang akan berdampak fatal. (dhy/KPFM)
 
Untuk disampaikan bahwa terkait banmus DPRD di tingkat kabupaten diatur di pasal 375 ayat (3) UU MD3 2014, isinya menyatakan,  “Ketentuan mengenai tata cara pembentukan, susunan, serta wewenang dan tugas alat kelengkapan DPRD kabupaten/kota diatur dalam peraturan DPRD kabupaten/kota tentang tata tertib.”
 
Selain itu diatur dalam PP No. 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan  tentang tata tertib DPRD. Pada pasal 46 PP No. 16 Tahun 2016, disebutkan bahwa banmus adalah Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD yang bersifat tetap dan dibentuk pada awal masa jabatan keanggotaan DPRD, serta ditetapkan melalui rapat paripurna.
 
Komposisi keanggotaan Banmus DPRD berjumlah setengah dari jumlah anggota DPRD.  Terdiri dari unsur fraksi, struktur organisasi banmus terdiri atas Ketua, wakil ketua, sekretaris dan anggota. (dhy/rul/KPFM)
 
 
Baca Juga :
 
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "Anggota DPRD Kalteng Jangan Gagal Paham Fungsi Banmus."

(harus diisi)