6 Desember 2017 - 16:05:36 WIB | Dilihat 62 kali0 komentar

Menjelang Natal dan Tahun Baru BPOM Tingkatkan Pengawasan.

Gambar Menjelang Natal dan Tahun Baru BPOM Tingkatkan Pengawasan.
Kepala BPOM di Palangka Raya Trikoranti Mustikawati
 
PALANGKA RAYA – Menjelang Natal 25 Desember 2017 dan Tahun Baru 1 Januari 2018, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Palangka Raya akan meningkatkan intensitas  pengawasan produk makanan jamu kosmetik dan obat-obatan yang saat ini beredar dipasaran.
 
Pengawasan tersebut dimaksudkan untuk mencegah adanya peredaran produk makanan dan minuman kemasan, produk rumahan, kosmetik dan obat-obatan tanpa ijin edar,  kadaluarsa dan mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan. Kepala BPOM di Palangka Raya Trikoranti Mustikawati mengatakan, pengawasan prodak tersebut secara rutin dilakukan.  Namun saat menjelang hari besar keagamaan dan akhir tahun di bulan Desember, maka pengawasan dilakukan lebih  intensitas.
 
"Pengawasan ini ditujukan untuk mencegah sekaligus menekan angka peredaran produk makanan jamu kosmetik dan obat-obatan yang marak beredar tanpa disertai ijin edar. Jika memang ditemukan produk yang tidak disertai ijin edar maka BPOM di Palangka Raya yang bekerjasama dengan tim yang berasal dari instansi pemerintah daerah termasuk pula kepolisian akan langsung menarik produk tersebut," jelas Trikoranti, Selasa (5/12) siang.
 
Wanita ramah dan murah senyum saat diwawancarai ini, mengharapkan masyarakat juga ikut membantu melakukan pengawasan. Jika ada menemukan produk yang terindikasi illegal seperti tidak dilengkapi ijin edar, tidak mencantumkan nomor register BPOM dan telah kadaluwarsa maka masyarakat diminta untuk melaporkan ke BPOM di Palangka Raya atau Dinas Kesehatan setempat.
 
Masyarakat juga bisa mengetahui keamanan sebuah produk dengan mengakses website resmi BPOM di www.cekbpom.pom.go.id, karena semua data terkait produk yang memiliki keamanan dan ijin edar tersaji di sana.
 
"Peningkatan intensitas pengawasan akan produk makanan jamu kosmetik dan obat-obatan pada Natal dan Tahun Baru dilakukan dengan harapan untuk mencegah dan menekan produk yang tidak jelas bagi kesehatan masyarakat," tutupnya. (dhy/rul/KPFM)
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "Menjelang Natal dan Tahun Baru BPOM Tingkatkan Pengawasan."

(harus diisi)