13 Maret 2018 - 11:02:46 WIB | Dilihat 109 kali0 komentar

Perekaman KTP-el Jemput Bola Menyasar Desa

Gambar Perekaman KTP-el Jemput Bola Menyasar Desa
 
KUALA KAPUAS-Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) terus digencarkan. Terlebih menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Salah satu upaya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kapuas akhirnya melakukan jempul bola.
 
Adapun sasarannya yakni ke beberapa desa di wilayah kabupetan yang berjuluk Kota Air ini. Harapannya akan memaksimalkan jumlah perekaman agar bisa tuntas.
 
Kepala Disdukcapil Kabupaten Kapuas, Ruseni melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran, Sipie S Bungai mengatakan pihaknya menargetkan atau mengutamakan dalam program jemput bola adalah ke desa-desa yang masih dinilai kurang banyak melakukan perekaman. Sehingga akan dioptimalkan desa tersebut.
 
“Kalau untuk target, kami memang menyasar desa yang kurang banyak melakukan perekaman KTP-el, jadi kami melihat hasil evaluasi dulu, desa atau kecamatan mana yang masih sangat kurang dalam perekaman. Jadi itulah yang akan kami kunjungi terlebih dahulu,” ungkap Sipie saat diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, belum lama ini.
 
Menurut dia langkah tersebut sekaligus sebagai upaya dari pihaknya melakukan pembaharuan data kependudukan. Tidak akan ditemui lagi terjadinya tumpang tindih atau kepemilikan kartu identitas ganda.
 
“Sekalian kami untuk melakukan pemutakhiran data, dikarenakan data kami ini kalau memang dia belum melakukan perekaman ada kemungkinan datanya bisa ganda. Dikarenakan jika sudah melakukan perekaman, maka sidik jarinya tidak bisa ganda lagi. Jadi ini sangat penting untuk dilakukan,” ucapnya.
 
Sedangkan, menurut dia bagi masyarakat yang belum melakukan perekamanpun tidak bisa mendapatkan Surat Keterangan (Suket), dikarenakan harus dilakukan perekaman dahulu agar tidak terjadinya data ganda.
 
“Karena yang belum melakukan perekaman itu, kami belum bisa mengeluarkan Surat Keterangannya. Kalau-kalau yang bersangkutan masih ada data di daerah lain, Nah kalau dia sudah melakukan perekaman setelah disaring di data center pusat terdapat duplikat data, maka tidak bisa dikeluarkan KTP-el nya,” tuturnya.
 
Dia kembali mengingatkan dan mengimbau masyarakat untuk segera melakukan perekaman KTP-el. “Kami imbau agar melakukan perekaman ke kecamatan yang sudah ada peralatan, sehingga kepemilikan KTP-el di Kabupaten Kapuas segera tuntas,” tutupnya. (*kia/ila/KPG/KPFM)
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "Perekaman KTP-el Jemput Bola Menyasar Desa"

(harus diisi)