14 Maret 2018 - 14:03:46 WIB | Dilihat 143 kali0 komentar

Program PUPM Jaga Stabilitas Harga Pangan

Gambar  Program PUPM Jaga Stabilitas Harga Pangan
DINAS KETAHANAN PANGAN FOR KALTENG POS/ TINJAU: Petugas Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas melakukan pengecekan langsung terhadap program PUPM di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Tamban Catur, beberapa
 
KUALA KAPUAS-Salah satu upaya pemerintah pusat melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas dalam menjaga stabilitas harga pangan dan pasokan ketersediaan pangan di daerah menjalankan program Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM).
 
Program tersebut memberdayakan lembaga usaha pangan masyarakat yang biasa tergabung dalam gabungan kelompok tani maupun lembaga usaha masyarakat yang bergerak di bidang pangan.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas, Suriyadi Noor melalui Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, Fatriana bahwa dengan memberdayakan lembaga usaha masyarakat tersebut dalam melayani Toko Tani Indonesia (TTI) dapat menjaga harga pangan dan stabilisasi pasokan.
 
“Di Kabupaten Kapuas sendiri ada dua kelompok yang diberdayakan melalui program PUPM ini antara lain Gapoktan Sumber Rejeki desa Sido Mulyo Kecamatan Tamban Catur dan Gapoktan Mulya Tani desa Terusan Mulya Kecamatan Bataguh sudah berjalan itu kurang lebih dua tahun,” ungkap Fatriana, kemarin.
 
Kedua kelompok itu akan mendapatkan bantuan dalam menjual pangan atau beras harga yang murah dengan mutu yang baik. “Kegiatan Bantuan Modal untuk kedua gapoktan ini bersumber dari dana APBN tahun 2016 yaitu berupa bantuan pemerintah untuk biaya modal pembelian gabah dan belanja operasional gapoktan untuk masing-masing gapoktan,” ucapnya.
 
Untuk harga jual dari masing masing gapoktan sendiri, menurut dia, diwajibkan mengirim beras unggul ke TTI sebanyak 55ribu kg per tahun ke TTI dengan harga jual Rp 7.700 dan TTI menjual Rp8.000. Untuk biaya operasional (kemasan, biaya angkut dan lainnya) sudah ditanggung pemerintah.
 
“Pusat TTI ada di Palangka Raya dan Kecamatan Mantangai, sehingga pada setiap minggu mereka mengirim ke sana, biaya operasional sendiri itukan merupakan bantuan pemerintah yang memberi subsidi,” tuturnya.
 
Terakhir dia berharap, program-program seperti ini dapat dijalankan sebaik mungkin sehingga akan memberikan manfaat bagi masyarakat banyak. Sehingga ketersediaan akan beras menjadi stabil dan harganya pun terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat. “Untuk mutunya sendiri sudah hampir atau mendekati premium ya, dengan harga beli yang terjangkau,” tutupnya. (*kia/ila)
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk " Program PUPM Jaga Stabilitas Harga Pangan"

(harus diisi)