21 Maret 2018 - 16:00:15 WIB | Dilihat 85 kali0 komentar

Rujab Jadi Tempat Ritual Mamapas Lewu

Termasuk di Kantor Bupati, Sebelum Puncak HUT Kapuas

Gambar  Rujab Jadi Tempat Ritual Mamapas Lewu
 
MAMAPAS LEWU: Pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan menyambut langsung rombongan yang melakukan Ritual Adat Balian Mamapas Lewu,  di Rumah Jabatan Bupati Kapuas dan Kantor Bupati Kapuas dalam rangka Hari jadi Kota Kapuas ke 212 dan HUT Pemkab Kapuas ke 67 tahun 2018, Selasa (20/3)
 
 
KUALA KAPUAS–Ritual Adat Balian Mamapas Lewu merupakan ritual yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya sehari sebelum menjelang peringatan Hari Jadi Kota Kapuas dan HUT Pemkab Kapuas.  Rumah jabatan (rujab) dan kantor Bupati Kapuas pun menjadi lokasi kegiatan, Selasa (20/3).
 
Sebelumnya acara pelepasan dilaksanakan di depan Balai Agama Hindu Kaharingan Jalan Melati Kuala Kapuas. Dengan lantunan musik tradisional Hindu Kaharingan, rombongan yang dipimpin oleh Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas Talinting E Toepak disertai dengan iring-iringan mobil menuju ke rujab Bupati Kapuas dan disambut langsung Pjs Bupati Kapuas Ermal Subhan.
 
Rombongan masuk ke dalam rujab Bupati Kapuas dan berkeliling di lokasi tersebut sambil membaca doa-doa ritual adat diiringi tabuhan katambung. Setelah itu, rombongan berpamitan dengan Ermal Subhan dan berkesempatan berfoto bersama.
 
“Ritual Balian Mamapas Lewu merupakan pembersihan segala apa saja di semua kota sampai ke pedalaman Kabupaten Kapuas. Ritual seperti ini dilaksanakan setiap tahun, dan selanjutnya pada hari esok Rabu (21/3) dilaksanakan acara Laluhan,” kata Talinting di sela ritual.
 
Setelah melakukan ritual di rujab Bupati Kapuas, rombongan yang diperkirkan sekitar 30 orang itu melanjutkan ritualnya menuju Kantor DPRD Kapuas dan Kantor Bupati Kapuas, serta perkantoran lainnya pun tidak luput dari ritual adat tersebut. (hmskmf/ila/KPG/KPFM)
 
 
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk " Rujab Jadi Tempat Ritual Mamapas Lewu"

(harus diisi)