3 April 2018 - 12:42:50 WIB | Dilihat 43 kali0 komentar

Peredaran Ikan Kaleng Dicek

KUALA KAPUAS-Beredarnya makanan ikan kaleng yang diduga mengandung cacing di dalamnya cukup meresahkan masyarakat. Bahkan di beberapa daerah sudah dilakukan penarikan barang tersebut.
 
Sementara di wilayah Kabupaten Kapuas, khususnya di Kota Kuala Kapuas masih akan dipantau hari ini. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas Apendi melalui Kepala Seksi Kefarmasian Kastalani jika pengecekan dilakukan bersama Tim Terpadu Keamanan Pangan.
 
“Kami sudah konfirmasi dengan tim terpadu keamanan pangan, yang jelas akan sesegera mungkin kami lakukan, mungkin besok (hari ini, red) atau lusa sudah dilakukan, dikarenakan perlunya melakukan pengecekan secara langsung di lapangan agar memastikan keberadaan dan peredarannya,” tuturnya.
 
Sebelumnya pihak Dinkes memang belum melakukan pengecekan. Lantaran, ujar Kastalani masih menunggu arahan dari tim tersebut. Mengingat tim tergabung dari berbagai instansi terkait yang dikomandoi Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kapuas.
 
“Melihat informasi-informasi yang beredar di dunia maya, terkait hal ini kami harapkan masyarakat tidak resah,” ungkap Kastalani saat diwawancarai wartawan, kemarin.
 
Berkaitan dalam melindungi konsumen di Kabupaten Kapuas, pihaknya bersama tim tersebut juga secara rutin melakukan pengambilan sampel terhadap makanan-makanan olahan. Tujuannya agar memastikan masyarakat aman ketika mengonsumsinya.
 
“Bersama Tim Terpadu Keamanan Pangan, juga secara rutin mengambil contoh siomay, bakso, pentol ataupun makanan lainnya. Terutama dalam mengecek ada atau tidaknya zat-zat seperti boraks di dalamnya yang bisa mengganggu kesehatan masyarakat, tapi sejauh ini Kuala Kapuas aman,” ujarnya.
 
Terpisah, menanggapi soal pengecekan itu Kepala Disdagperinkop dan UKM Kabupaten Kapuas, Suparman melalui Kepala Bidang Perdagangan, Anita Sumarni mengamini jika hari ini akan turun ke lapangan untuk mengecek peredaran ikan kaleng tersebut.(*kia/ila)
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "Peredaran Ikan Kaleng Dicek"

(harus diisi)