5 April 2018 - 13:35:02 WIB | Dilihat 150 kali0 komentar

Mutu Pendidikan Harus Unggul

PALANGKA RAYA-Mutu pendidikan di Kota Palangka Raya menjadi salah satu perhatian pasangan dari jalur perseorangan H Rusliansyah-Rogas Usup. Pasangan yang kerap disebut 2R ini menginginkan agar mutu pendidikan di tingkat SD dan SMP, bisa lebih baik lagi.
 
Salah satu cara mengukur kualitas dan mutu pendidikan, yakni dengan memperbanyak sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sebab hasil dari UNBK bisa membantu memetakan seperti apa kualitas mutu yang dimiliki pelajar.
 
H Rusliansyah mengatakan, dalam beberapa tahun belakangan, pelaksanaan UNBK di tingkat SMP belum terlaksana. Tahun ini Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya sedang berusaha agar beberapa SMP bisa melaksanakan UNBK. Tentu hal tersebut menandakan pemerintah sudah menaruh perhatian lebih terhadap kualitas dan mutu pendidikan.
 
“Ke depan, kami akan berusaha menambah sekolah yang melaksanakan UNBK. Jika tahun ini hanya enam sekolah tentu kami harus menambah dari total itu,” ucap Rusliansyah, belum lama ini.
 
Dia mengungkapkan, meski perlu dana besar untuk menambah fasilitas laboratorium di sekolah seperti, pengadaan komputer, menyediakan jaringan internet yang cepat, dan lain-lain. Namun paslon nomor dua ini siap mencarikan dana untuk pengadaan tersebut.
 
“Untuk anggarannya nanti tentu akan menghitung berapa dari APBD yang dimiliki kota. Kalau terbatas pasti ada cara lain agar pelaksanaan UNBK di SMP bisa lebih banyak dan lebih baik lagi,” urai mantan Ketua Komisi C DPRD Kota ini.
 
Dia menjelaskan, peningkatan mutu pendidikan merupakan  suatu keniscayaan. Jangan sampai mutu pendidikan kota menjadi stagnan dan sekolah-sekolah tidak mengetahui ketertinggalannya.
 
“Kalau kita tertinggal dari kota-kota lain atau malah kabupaten lain tentu ada yang salah dalam pengelolaan pendidikan. Jangan sampai itu terjadi. Palangka Raya harus menjadi contoh bagi daerah lain,” jelas Ketua KAHMI Kalteng periode 2016-2021 ini. (uni/uyi/KPG/KPFM)
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "Mutu Pendidikan Harus Unggul"

(harus diisi)