9 April 2018 - 15:50:01 WIB | Dilihat 64 kali0 komentar

Petani Harus Dibina dan Didampingi

Gambar Petani Harus Dibina dan Didampingi
PALANGKA RAYA-Ketersediaan pangan di Kota Palangka Raya mesti tetap dijaga, setidaknya sayur-sayuran yang sering menjadi pemicu inflasi. Karenanya, penting melakukan sinergi dengan institusi lain, termasuk memberikan pendampingan kepada para petani.
 
“Lonjakan harga sejumlah sayuran sering terjadi di Kota Cantik ini, misalnya cabai. Padahal lahan di Kota Palangka Raya sangat luas, dan sayuran tersebut masih bisa hidup di sini,” kata calon wakil wali kota nomor urut 4, Habib H Said Fawzi Zain Bachsin kepada Kalteng Pos, Minggu (8/4).
 
Disampaikan Habib Fawzi, pengembangan terhadap petani sangat diperlukan. Untuk itu, ia dan calon wali kota Palangka Raya, Aries M Narang, bila terpilih nanti akan memprioritaskan program pembinaan dan pendampingan kepada para petani.
 
“Kami ingin para petani bersemangat, lahan-lahan tidur dapat dimanfaatkan dengan baik. Sehingga harga sayur, terutama cabai atau bawang merah dapat terus stabil, meski menjelang bulan Ramadan,” katanya.
 
Ia menyayangkan kondisi ini, karena menurutnya lahan yang tersedia di Kota Palangka Raya, cukup bagus untuk menanam sayur-sayuran. Tetapi mengapa semangat petani untuk menanam sayuran masih kecil, sehingga harus mengandalkan pasokan dari daerah lain.
 
“Padahal di Kalampangan dan Tangkiling memiliki potensi yang sangat bagus untuk menanam sayur-sayuran. Dan itu sudah terbukti tinggal bagaimana pengembangan dan keberpihakan kita kepada petani,” katanya.
 
Calon wakil wali kota ini yakin, jika petani terus dimotivasi, dibina, dan didampingi, bukan tidak mungkin masyarakat Palangka Raya dapat mencukupi kebutuhannya sendiri.
 
“Bahkan bisa saja kita surplus, sehingga bisa mengirim sayur-sayuran ke kabupaten tetangga. Bila ini terwujud, maka dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya. (*idu/uyi/KPG/KPFM)
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "Petani Harus Dibina dan Didampingi"

(harus diisi)