6 Juni 2018 - 12:58:44 WIB | Dilihat 32 kali0 komentar

Upaya Mengeksiskan Perpustakaan Sekolah

MIS Hidayatul Muhajirin Berlakukan Belajar di Perpustakaan

Selama ini keberadaan perpustakaan khususnya di sekolah terasa ada saja. Tidak digunakan secara maksimal. Padahal melalui perpustakaan, tidak hanya membaca buku saja melainkan bisa berdiskusi bersama. Hal inilah yang juga tengah dilakukan MIS Hidayatul Muhajirin.
 
GILANG RAHMAWATI, Palangka Raya
 
MADRASAH Ibtidayah Swasta (MIS) Hidayatul Muhajirin yang letaknya berada di Jalan Mendawai ini rupanya turut serta bersemangat untuk mengembangkan keberadaan perpustakaan sekolah. Terbukti, pihak sekolah memang telah mendirikannya.
 
Koleksi buku di perpustakaan sekolah yang sering didominiasi oleh buku pelajaran. Hal tersebut tidak berlaku di sekolah ini. Pasalnya, diceritakan salah seorang guru yang bertugas di perpustakaan, Ukah jika selama ini ada koleksi buku lainnya seperti buku cerita.
 
Pihak sekolah pun katanya tidak menerapkan ruang perpustakaan jadi ruang dadakan. Mengingat, selama ini banyak sekolah yang ketika tidak memiliki ruang belajar maka secara otomatis menggunakan ruang perpustakaan. Sehingga, kegunaan perpustakaan pun tidak maksimal.
 
“Perpustakaan di sini selalu dibuka selama jam sekolah, apalagi ketika jam istirahat, murid ramai datang ke perpustakaan,” ucap Ukah lagi ketika ditemui, belum lama ini.
 
Kedatangan murid tersebut kata Ukah tidak hanya membaca buku saja. Terlihat beberapa kali memang ada yang didampingi guru untuk belajar. Hampir saja dengan perpustakaan lainnya, perpustakaan sekolah ini juga menerapkan cara peminjaman buku kepada murid.
 
Ukah menjelaskan banyak muridnya yang antusias untuk membaca dan kekurangan waktu baca di perpustakaan. Untuk itulah, pihaknya berkenan menerapkan peminjaman buku tersebut. “Dengan syaratnya sesuai prosedur yang ditetapkan seperti buku harus kembali,” tegasnya.
 
Peminjaman buku ini juga sebenarnya didukung oleh pihak sekolah. Murid akan mendapat bimbingan dari orang tuanya di rumah ketika membaca buku, ujarnya lagi.
 
Terpisah, Kepala MIS Hidayatul Muhajirin, Tajudinnur merasa senang dengan antusias peserta didiknya. Apalagi perpustakaan sekolah menjadi lebih padat di jam istirahat. Sehingga, belajar tidak hanya di ruang kelas saja.
 
Dari antusias tersebut pun muncul semangat untuk meningkatkan minat baca peserta didiknya. “Kami sangat senang dan bangga atas motivasi siswa untuk meningkatkan wawasannya melalui membaca dan memimjam buku di perpustakaan sekolah, dan pihak sekolah akan selalu meningkatkan kelengkapan sarana prasarana dan koleksi buku-buku diperpustakaan”, pungkasnya. (Doc/KPG)
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "Upaya Mengeksiskan Perpustakaan Sekolah"

(harus diisi)