19 Juni 2018 - 12:02:33 WIB | Dilihat 51 kali0 komentar

5 Cara Praktis dan Murah Merawat Sepatu

#GAYA_Tips

Gambar 5 Cara Praktis dan Murah Merawat Sepatu
Foto: Ilustrasi (ade21)
Kebersihan bukan melulu soal tempat tinggal. Kebersihan juga menyangkut masalah tubuh dan barang-barang yang kita pakai sehari-hari, contohnya sepatu.
Memelihara kebersihan sepatu menjadi bagian tak terpisahkan jika kita peduli dengan penampilan. Bukan hanya akan membuat malu, sepatu kotor atau jebol tentu mengganggu pemandangan.
 
Tapi jangan khawatir, berikut ini ada 5 cara menjaga sepatu secara mudah dan hasilnya dijamin memuaskan.
 
1. Noda Sepatu Baru
Terkadang sepatu baru meninggalkan noda pada kaos kaki, stocking atau bahkan kaki. Hal ini tentu sangat menjengkelkan. Tapi, ada cara mudah dan murah untuk mencegahnya, yaitu menggunakan talcum powder atau bedak talek.
Gosokkan pada permukaan bagian dalam sepatu baru. Kemudian, ambil sepotong kain bersih dan bersihkan sisa-sisa bedak yang tertinggal. Kamu juga bisa menggunakan bedak bayi atau tepung sebagai gantinya.
 
2. Mencuci Sepatu Sneakers
Banyak mesin cuci memiliki mode khusus untuk mencuci sepatu sneakers. Tapi, hal itu tidak disarankan untuk dilakukan.
Masalahnya, ada risiko mesin cuci bisa merusak sepatu. Air akan masuk ke dalam sol sehingga ketika kering, sepatu akan menyusut dan kehilangan bentuk aslinya.
Karena itu, cucilah sepatu sneakers secara manual. Caranya, lepas semua tali dan sol dalamnya. Cuci sepatu dengan hati-hati. Gunakan sikat gigi untuk menjangkau bagian yang sulit. Kamu juga bisa menggunakan alkohol untuk mensterilkan sepatu dari dalam.
 
3. Pelindung Sepatu
Lilin adalah benda sehari-hari yang efektif untuk melindungi permukaan hampir semua jenis sepatu. Gunakan lilin khusus atau lilin biasa.
Bahkan, lapisan tipis lilin akan melindungi sepatu dari air dan kotoran untuk waktu yang lama. Lilin juga akan membuat sepatu mengkilap untuk jangka waktu yang lama.
 
4. Membersihkan Noda Bandel Sepatu Berbahan Kain
Ada cara mudah dan murah untuk membersihkan sepatu jenis ini. Caranya, gosokkan jeruk lemon pada area yang terkena noda atau kotor.
Jeruk mampu mengangkat noda atau kotoran tanpa merusak warna. Jeruk lemon bahkan menjaga warna sepatu tetap bagus. Setelah didiamkan 20-30 menit, baru sepatu dicuci dengan air biasa.
 
5. Keringkan Sepatu dengan Benar
Sebenarnya, sepatu tidak boleh dikeringkan menggunakan hair dryer, panas belakang mesin cuci atau sumber panas buatan lainnya. Bahkan, kamu harus menjauhkan sepatu dari suhutinggi untuk menghindari bentuknya berubah.
 
Sepatu membutuhkan waktu antara 24 hingga 48 jam hingga benar-benar kering. Itulah, mengapa kamu harus memiliki beberapa pasang sepatu sebagai cadangan ketika sepatu yang baru kamu pakai sedang dikeringkan.
 
Tetapi jika tidak punya waktu, kamu bisa menggunakan pengering rambut. Tetapi ingat, kamu hanya bisa menggunakan mode udara dingin. (Brightside.me)
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "5 Cara Praktis dan Murah Merawat Sepatu"

(harus diisi)