12 Juli 2018 - 15:22:50 WIB | Dilihat 51 kali0 komentar

Cegah Kerusakan Jalan Antar Desa

BUNTOK –  Hingga tahun 2018 ini kerusakan ruas jalan antar desa di wilayah Kabupaten Barsel masih sering terjadi. Dimana, jalan tersebut belum waktunya rusak, sehingga harus memerlukan perhatian yang serius dari pemerintah daerah untuk mencegah adanya kerusakan. Hal tersebut dikatakan Hermanes SE anggota komisi II DPRD Barsel, kepada Kalteng Pos, Kamis (12/7) kemarin.

Politisi PDIP Barsel itu mengatakan, bahwa Infrastruktur jalan yang ada di daerah Kabupaten Barito Selatan termasuk salah satu bidang pembangunan yang harus selalu diperhatikan. “Pasalnya hampir seluruh wilayah sudah dapat ditembus melalui jalur darat,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan pemantauan pihaknya, sejauh ini ada sejumlah faktor yang mungkin menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada jalan antar desa maupun di dalam kota. Diantaranya, kata dia, akibat perencanaan awal yang kurang optimal, serta pelaksanaan yang tidak sepenuhnya sesuai dengan perencanaan awal, sehingga mengurangi kualitas dari jalan itu.  

Faktor lain jelas wakil rakyat dapil III Barsel itu, diakibatkan angkutan yang melintas memiliki tonase yang tidak sebanding dengan kekuatan jalan. Selaku anggota   legislatif , kata Hermanes, ia menilai  dan melihat dari beberapa faktor tersebut, sangatlah wajar apabila kerusakan jalan pun terjadi lebih cepat.

”Kita semua sadar bahwa pembangunan jalan di wilayah kita ini sudah cukup baik, dan hingga saat ini berbagai perbaikan dan pembangunan jalan sudah mulai berjalan,” ujarnya. Namun hal tersebut akan bertahan lama apabila semua pihak, termasuk pemerintah daerah, khususnya teknis terkait bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugasnya, terutama dalam hal penanganan permasalahan infrastruktur jalan.  

Ia mengakui,  memang hal tersebut masih belum diimbangi dengan kualitas serta pemeliharaan jalan secara optimal, agar dapat bertahan lama, dalam menunjang kebutuhan dan aktivitas masyarakat sehari-hari.  Kepada masyarakat,  Hermanes mengimbau sekaligus berharap, agar selalu tanggap dengan ketidak optimalan hal itu. “Tentunya selalu waspada serta hati-hati dalam mengendarai kendaraan, karena merupakan faktor keselamatan di jalan raya,” ujarnya mengingatkan.(ner)
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "Cegah Kerusakan Jalan Antar Desa "

(harus diisi)