29 Agustus 2018 - 14:49:24 WIB | Dilihat 48 kali0 komentar

Polsek Dushil Amankan Satu Pembakar Hutan

BUNTOK –  Polsek Dusun Hilir (Dushil) berhasil mengamankan Melton (52)  seorang pelaku pembakar lahan dan hutan (karhutlan) Sabtu (25/8) akhir pekan lalu.
 
Dari lahan terbuka di jalan penghubung antara Kelurahan Mangkatip dengan Desa Mahanjadau  yang telah dibakar pelaku,  polisi berhasil mengamankan ,   tiga buah potongan kayu bekas pembakaran dengan panjang sekitar 1 (satu) meter. Selain itu,  polisi juga mengamankan 1 (satu) kotak korek api pentol (batang) dan  1 (satu) buah parang beserta kumpang dengan panjang sekitar 54 (lima puluh empat) sentimeter. Guna kepentingan penyidikan dan  penyelidikan lebih lanjut, pelaku pun di gelandang ke kantor polisi.

Informasi di kepolisian menyebutkan, bahwa pada Sabtu (25/8) sekitar pukul 10.00WIB Jajaran Polsek Dushil menggelar giat patroli ke Desa Mahajandau.  Namun ternyata, dalam  operasi itu di tengah jalan aparat melihat ada kegiatan pembakaran lahan terbuka oleh seorang laki-laki.  Polisi pun menghampiri si pembakar dan meminta keterangan di lokasi pembakaran lahan seluas  5  (lima) meter persegi di jalan arah  Desa Mahajandau.

Sambil melakukan intograsi sesaat, sejumlah anggota pun diperintahkan untuk melakukan pemadaman, agar kobaran api tidak meluas. Alhasil, kobaran api pun berhasil dipadamkan dengan cara manual.

Kapolsek Dusun Hilir Ipda Waryoto di konfirmasi Kalteng Pos, Minggu (26/8) membenarkan jika pihaknya mengamankan satu pembakar lahan di wilayah hukumnya. “Benar satu orang pembakar lahan telah kita amankan,”tegas perwira pertama (pama) itu.
Orang nomor satu di jajaran Polsek Duhil itu menambahkan, akibat perbuatannya, pelaku juga di bidik pasal 25 ayat (1) jo Pasal 2 ayat (1) Peraturan Daerah Propinsi Kalimantan Tengah Nomor 5 Tahun 2003 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan atau Lahan. (ner/KPG/KPFM)
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "Polsek Dushil Amankan Satu Pembakar Hutan"

(harus diisi)