3 September 2018 - 12:15:47 WIB | Dilihat 50 kali0 komentar

205 Kayu Benuas Ilegal Diselundupkan ke Banjarmasin

SAMPIT- Sebanyak kurang lebih sekitar 205 potong kayu jenis atau 32 kubik jenis kayu Benuas, berbagai ukuran,  dari Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimatan Tengah berupaya di selundupkan ke ke Banjarmasin.
 
Beruntung Jajaran Polres Kotim berhasil menggagalkan aksi yang diduga Ilegal logging. Turut diamankan empat unit truk yang digunakaan untuk mengangkut kayu yang didapat dari Jalan Km 06 yaitu di kawasan pertigaan Desa Sangsi dengan Kecamatan Antang Kalang, Jumat (31/8).
 
Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel mengatakan jajaran Polres Kotim melakukan pengungkapan kasus ilegal logging sekitar pukul 22.00 WIB malam, oleh  Jajaran Polres Kotim Satreskrim dan Polsek Antang Kalang.
 
"Telah kita amankan empat unit truk yang mengangkut kayu olahan jenis kayu benuas tanpa dilengkapi dokumen yang sah," Katanya saat dikonfirmasi pada Sabtu, (1/9) malam.
 
Diterangkan Kapolres, berdasarakan keterangan para supir truk, bahwa kali pertama menyelundupkan Benuar dengan tujuan ke Banjarmasin. Mereka diupah delapan juta untuk satu truk yang diantarkan
 
Bahwa pengungkapan berawal saat jajaran  mendapatkan informasi masyarakat terkait upaya penyeludupan kayu hasil illegal logging. Menindaklanjuti laporan, tim Satreskrim dan Polsek Antang Kalang menuju ke tempat kejadian perkara (TKP). Kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan empat truk beserta kayu jenis Benuas.
 
" Sampai saat ini ada empat orang yang kita amankan, dan kita kenakan dengan pasal 83 junto 88 Undang-undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan ancaman hukuman minimal satu tahu maksimal lima tahun dendanya kurang lebih 500 juta," ujarnya. Lanjutnya, untuk  pemilik kayu sudah diketahui identitasnya dan akan dilakukan pemanggilan. (Ais/KPG/KPFM)
Beri komentar
0 KOMENTAR.

Komentar untuk "205 Kayu Benuas Ilegal Diselundupkan ke Banjarmasin"

(harus diisi)